Pengembangan Inovasi Desain dan E-Commerce Penjualan Hasil Produksi Gerabah Pagerjuarang Bayat

  • Maria Atik Sunarti Ekowati Univerita Kristen Surakarta
  • Darsini Darsini Univet Sukoharjo
  • Kristyana Dananti Universitas Kristen Surakarta
  • Rendy Pakiding Universitas Kristen Surakarta
Keywords: Inovasi, UMKM, e-commerce

Abstract

Penelitian dengan tema Pengembangan Inovasi Desain dan E-Commers Penjualan Hasil Produksi Gerabah Pagerjuarang Bayat, diangkat dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat bayat karena masyarakat modern mulai menggunakan alat-alat moderen untuk memaksak di tambah adanya pandemi covid 19 membawa dampak penjualan gerabah yang semakin lama semakin mengalami penurunan.  Untuk mempertahankan eksistensi usaha menengah kecil masyarakat (UMKM), diperlukan sebuah media yang dapat membantu masyarakat pagerjurang bayat memasarkan hasil produksi gerabah. E-commers dipilih peneliti untuk memasarkan hasil produksi gerabah melalui media internet, sehingga penjualan gerabah diharapkan bisa go internasional di kemudian hari. Metode yang di gunakan dalam pengembangan inovasi adalah model proses waterfall, yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, serta MySQL untuk basis datanya. Hasil berupa Aplikasi E-Commers Penjualan Gerabah

References

G. Eason, B. Noble, and I.N. Sneddon, “On certain integrals of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,” Phil. Trans. Roy. Soc. London, vol. A247, pp. 529-551, April 2022. (references)

J. Clerk Maxwell, A Treatise on Electricity and Magnetism, 3rd ed., vol. 2. Oxford: Clarendon, 2022, pp.68-73.

I.S. Jacobs and C.P. Bean, “Fine particles, thin films and exchange anisotropy,” in Magnetism, vol. III, G.T. Rado and H. Suhl, Eds. New York: Academic, 1963, pp. 271-350.

K. Elissa, “Title of paper if known,” unpublished.

R. Nicole, “Title of paper with only first word capitalized,” J. Name Stand. Abbrev., in press.

Y. Yorozu, M. Hirano, K. Oka, and Y. Tagawa, “Electron spectroscopy studies on magneto-optical media and plastic substrate interface,” IEEE Transl. J. Magn. Japan, vol. 2, pp. 740-741, August 1987 [Digests 9th Annual Conf. Magnetics Japan, p. 301, 2022].

M. Young, The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science, 2022.

Teo, T., & Pian (2004), A Model for Web Adoption, Information & Management, 41, 457-468.

Timmers, P. (1999). Electronic Commerce: Strategies and Models for Business-to-Business Trading. Chichester, England: John Wiley and Sons Ltd

Young, D. & Benamati, J. (2000), Differences in Public Web Sites: The Current State of Large U.S Firms, Journal of E-Commerce Research, 1(3), 94-105, www.csulb.edu/web/journals/jecr/p_i.html

Zwass, V ., (1998), Foundation of Information Systems, International Edition, USA: McGraw-Hil

Khotimah, Tutik & Darsin, (2012). Model E-Business untuk Klaster Industri Kerajinan Gerabah. Proceeding of Conference in Business, Accounting and Management (CBAM), 1(1)

Sellito, C., Wenn, A., & Burgess, S. (2003). A Review of the Web Sites of Small Australian Wineries:

Motivations, Goals and Success, Information Technology and Management, 4(4), 215-232.

Tamimi, N., Sebastianelli, R. & Rajan, M.(2005). What do online customers value?, Quality Progress, 38(7), 35-39

Published
2022-11-30
How to Cite
Ekowati, M. A. S., Darsini, D., Dananti, K., & Pakiding, R. (2022). Pengembangan Inovasi Desain dan E-Commerce Penjualan Hasil Produksi Gerabah Pagerjuarang Bayat. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 6(2), 60-68. https://doi.org/10.36596/jitu.v6i2.931
Section
Articles