https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu/issue/feed JITU : Journal Informatic Technology And Communication 2020-09-21T05:59:38+00:00 Donna Setiawati donnasetiawati@uby.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal artikel ilmiah&nbsp;JITU : Journal Informatic Technology And Communication (e - ISSN&nbsp;<a href="http://www.issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1512545885&amp;326&amp;&amp;2017" target="_blank" rel="noopener">2620-5157</a>) yang berisikan hasil penelitian di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang di lakukan oleh mahasiswa maupun dosen yang terbit secara berkala setiap 6 bulan sekali atau terbit 2 kali dalam setahun. Artikel ini terbit pada bulan Mei dan November.</p> https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu/article/view/348 Penilaian User Experience Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Aplikasi Augmented Reality Gamelan Jawa 2020-09-21T05:59:38+00:00 Sitaresmi Wahyu Handani sita.handani@amikompurwokerto.ac.id Septiana Nur Hidayah septiananur80@gmail.com Ito Setiawan itoawan@gmail.com <p>Gamelan merupakan salah satu budaya lokal Indonesia yang perlu dipelihara eksistensinya. Beberapa penelitian terkait pengenalan gamelan ke generasi muda telah banyak dilakukan, diantaranya menghasilkan aplikasi yang menggabungkan antara gamelan dengan teknologi terkini yaitu <em>augmented reality</em>. Penggunaan teknologi <em>augmented reality</em> untuk menampilkan dan memperkenalkan alat musik gamelan merupakan inovasi baru dan perlu diapresiasi. Namun perlu sebuah penilaian tersendiri untuk mengetahui apakah penggunaan teknologi tersebut berdampak positif terhadap penggunanya. Melalui penelitian ini, peneliti melakukan kajian lebih dalam dengan menggunakan metode <em>Technology Acceptance Model</em> (TAM) untuk mengetahui pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi gamelan berbasis <em>augmented reality</em>. Terdapat lima aspek yang diuji yaitu aspek kemudahan penggunaan <em>(Perceived Ease of Use)</em>, manfaat penggunaan <em>(Perceived Usefulness),</em> sikap pengguna <em>(Atitude Toward Using)</em>, keinginan pengguna <em>(Behavioral Intention of Use),</em> kesadaran pengguna <em>(Actual System Usage)</em>. Dari hasil uji validitas dan realibiltas yang dilakukan didapatkan hasil bahwa semua butir komponen dalam kuisoner yang dibagikan valid dan reliable. Sedangkan dari analisis data deskriptif yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa persepsi pengguna terhadap lima aspek tersebut di atas sangat baik dengan nilai skor tertinggi 4.10 pada aspek kemudahan penggunaan dan sikap pengguna.</p> 2020-06-06T06:31:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu/article/view/111 Sistem Informasi Manajemen Mutu Produk Di PT Deltomed Laboratories Wonogiri 2020-09-21T05:59:33+00:00 Fajar Dwi Septian dwfajar@gmail.com Donna Setiawati donna.setiawati@gmail.com Ari Pantjarani panjtarani@gmail.com <p>This research is entitled Sistem Informasi Manajemen Mutu Produk Di PT Deltomed Laboratories Wonogiri. This study aims to create a product quality management information system at PT Deltomed Laboratories, facilitate information management &amp; product quality administration, and create efficiency and effectiveness in the process of product quality management for the better. The system development method used in this study is Waterfall where the process starts from Communication, Planning, Modeling, Construction and Deployment. For system design tools using UML diagrams with the Visual Basic programming language and MySQL Database. The results achieved are a product quality management information system that facilitates information management &amp; product quality administration, as well as creating work efficiency and effectiveness in the process of product quality management for the better.</p> 2020-06-06T06:41:08+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu/article/view/258 Penerapan HOTs Pada Media Pembelajaran Game Matematika Dengan Metode DGBL 2020-09-21T05:59:36+00:00 Anugerah Bagus Wijaya anugerah@amikompurwokerto.ac.id Randi Octavian Andriyono randioctavianandriyono2126@gmail.com <p>Melalui hasil wawancara penulis dengan murid di SD Negeri 2 Kembangan diperoleh informasi bahwa murid yang kesulitan dalam pembelajaran dikelas pada matapelajaran Matamatika. Dalam dunia pendidikan banyak game edukasi yang sudah dibuat sebagai media pembelajaran untuk anak-anak. Digital Game Basic Learning (DGBL) adalah salah satu metode yang menggunakan teknologi game, sebuah game digital apa pun bisa dianggap sebagai media jika terdapat unsur pembelajaran didalamnya. Masih terdapat kesenjangan penting dalam literatur tentang DGBL, karena metode tersebut masih perlu penekanan pada hasil pembelajaran dalam lingkungan kelas yang lebih otentik, dalam hal ini adalah kajian dalam segi keterampilan berpikir penggunanya dalam proses memahami materi atau pembelajaranya. Higher-Order Thinking Skills (HOTs), adalah salah satu komponen utama dalam keterampilan berpikir kreatif dan kritis dan ini adalah tingkat tertinggi dalam hierarki proses kognitif. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan untuk mengembangan game edukasi ini adalah Digital Game Based Learning-Infrastructure Design (DGBL-ID). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa game edukasi pembelajaran Matematika yang dibangun, dapat memberikan pengetahuan dan semangat belajar matematika pada siswa</p> 2020-06-06T06:37:32+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu/article/view/110 Sistem Informasi Perbaikan Komputer Di Aditama Computer Boyolali Berbasis Android 2020-09-21T05:59:34+00:00 Ahmad Jamaludin ahmadad3742@gmail.com Donna Setiawati donna.setiawati@gmail.com Fariyono Fariyono ayah.fari@yahoo.com <p>Research titled System Information Acceptance Services Aditama Android based.Aditama Computer is one of the company engaged in the service and sale of computers in Boyolali such as laptops, PCS, printers, CCTV, scanners, Fingerspots, LCD projectors.This business was established from 2003 and address at Jalan Kenanga No.14 Boyolali, Boyolali Sub-district, Boyolali district. The administration system of service acceptance on Aditama Computer is still simple, admin fill in the Entry service input form, and Rekap service data also still recab through the book.And that often happens admins are often late in giving information until the work of the computerThis makes it a frequent customer to ask admins directly through a short message.Itupun admin is also long in responding to customers. The purpose of this research is to design, implement, and test the service acceptance information system in Aditama Computer, producing information system of service acceptance to improve services in Aditama Computer.Methodelogi Research used is a waterfall, modeling objects using UML.For coding using PHP MySQL, and Android client. The result is an information system to facilitate the service to the customers.</p> 2020-06-06T06:39:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu/article/view/345 Metode Offline Forensik Untuk Analisis Digital Artefak Pada TOR Browser Di Sistem Operasi Linux 2020-09-21T05:59:37+00:00 Wisnu Sanjaya wisnuksl@gmail.com Bambang Sugiantoro bambang.sugiantoro@uin-suka.ac.id Yudi Prayudi prayudi@uii.ac.id <p lang="en" style="text-indent: 0cm; margin-bottom: 0.14cm; letter-spacing: normal; line-height: 0.35cm;"><span style="font-size: small;">The rapid development of the IT world has covered all aspects of life and among IT technology products is the creation of Operating Systems and Web browser applications. Privacy in the use of IT in the open era is now highly expected, therefore now widely developed Operating Systems and Web browser applications that have facilities to protect user privacy. Linux and TOR Browser is a combination that is widely used in the field of security, but unfortunately many are misused by the person in a crime. The motivation to use both is to eliminate or minimize the digital footprint of the browsing activity so that it will complicate the search of digital evidence in a crime. This research proposes a framework of stages for TOR Browser analysis in Linux Operating System which aims to provide solution in forensic investigation using offline forensic method. The use of offline forensic methods to obtain detailed information from a digital proof on a computer in a off state</span></p> 2020-06-06T06:35:09+00:00 ##submission.copyrightStatement##