Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Canva pada Matakuliah Jaringan Komputer
Abstract
Tujuan penelitian dimasa pasca pandemi Covid-19 adalah Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Dengan Aplikasi Canva Pada Matakuliah Jaringan Komputer, diperlukan instrumen angket tertutup dengan jenis data kuantitatif. Angket ini disebarkan melalui google formulir. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dari 72 peserta didik menyatakan, 90% setuju menggunakan media video animasi berbasis aplikasi canva yang sangat menarik viturnya, 90% peserta didik menyatakan butuh serta setuju memakai media video animasi berbasis aplikasi canva yang memiliki fitur bagus dan 83,4% peserta didik mengatakan perlu memakai media video aplikasi Canva dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada matakuliah jaringan komputer. Berdasarkan penelitian bisa ditarik kesimpulan bahwa harus ada pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva pada proses pelaksanaan pembelajaran pada matakuliah jaringan computer. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari pengembangan metode pembelajaran ini adalah Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer.
References
Tanjung. 2019. Pemilihan Media, Karakter Peserta Didik, Tipe Rangsangan, Keadaan Kelas Dan Jangkauannya : Kajian Meta-Analisis. Karakter Peserta Didik, 6(4), 150–157.
Rahmat. 2020. Pemanfaatan teknologi dalam mendesain, menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan dan mengimplentasikan materi pembelajaran. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.
Lestari & Sujana. 2021. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13– 25.
Maria. 2021. Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2), 70–79.
Dini. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60.
Herliandry, dkk. 2020. The Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 6(1), 190–203
Purnama. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional FKIP 8(1), 26–33.
Dwi. 2020. Pengembangan Variasi Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional FKIP 8(1), 26–33.
Dewi. 2020. Penggunaan media belajar yang kreatif. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 07(03), 60– 65.
Pelangi. 2020. Desain Canva Sebagai Media Dan Alat Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.
Leryan. 2021. Media Canva Juga Dapat Memudahkan Peserta Didik Dalam Memahami Pelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Borg, W. R., & Gall, M. D. 1989. Educational research. An introduction (5th ed.). White Plains, NY Longman.
Copyright (c) 2023 JITU : Journal Informatic Technology And Communication

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.