ANALISIS VRIO TERHADAP SUSTAINABILITY COMPETITIVE ADVANTAGES DI PT PAN BROTHERS Tbk DI MASA PANDEMIK COVID-19

  • Sri Rejeki Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Dasmadi Dasmadi Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Hari Purwanto Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Value, Rare, Inimitable, Organization, Sustainability Competitive Advantages

Abstract

Penelitian yang dilakukan di PT Pan Brothers Tbk ini bertujuan untuk menganalisis tentang sumber daya yang digunakan itu merupakan sumber daya yang bernilai (value), langka (rare), sulit ditiru (inimitable) dan mampu untuk dimanfaatkan (organization) dalam mendukung keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (sustainability competitive advantage) di masa pandemik covid-19. Dalam kondisi sulit seperti saat ini tentunya persaingan global semakin ketat. Apabila kita tidak unggul dalam kompetisi tersebut tentunya kita akan kalah dan tidak akan bisa berkembang secara terus-menerus.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang sekaligus merupakan karyawan PT Pan Brothers Tbk sebanyak 150 responden yang disebar secara acak diberbagai departemen. Setelah mendapatkan hasil kuesioner tersebut kemudian data diolah dengan metode penelitian kuantitatif, yang dilakukan dengan pengujian instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk analisis data digunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan juga uji heterokedastisitas.

Hasil uji instrument yang dilakukan menunjukan bahwa VRIO hasilnya valid dan reliable karena rtable dengan niai 0.160 lebih < dari rhitung, dengan nilai signifikan 0.05. Untuk hasil uji normalitas data dalam penelitian ini dinyatakan normal, hasil uji multikolinearitas dinyatakan tidak terjadi multikolinearitas, hasil uji autokorelasi dinyatakan terjadi autokorelasi antar residual, hasil uji heterokedastisitas dinyatakan tidak terdapat heterokedastisitas. Oleh karena itu, dari hasil kuesioner ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini dapat dipercaya serta dapat dipakai untuk mendukung didalam penelitian sustainability competitive advantages di PT Pan Brothers Tbk dimasa pandemik covid-19.

Published
2022-07-05
How to Cite
Rejeki, S., Dasmadi, D., & Purwanto, H. (2022). ANALISIS VRIO TERHADAP SUSTAINABILITY COMPETITIVE ADVANTAGES DI PT PAN BROTHERS Tbk DI MASA PANDEMIK COVID-19. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 81-92. https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i1.591
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)