PENGARUH CITRA MERK, KUALITAS, DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MASYARAKAT KELURAHAN NGARGOSARI DI BOYOLALI

  • Siti Nurhana Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Listyowati Puji Rahayu Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Hari Purwanto Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Citra Merk, Kualitas, Harga, Minat Daya Beli, Pasta Gigi Pepsodent

Abstract

Salah satu yang mempengaruhi keputusan pembelian seseorang atas barang yang ia beli merupakan citra merek, kualitas dan harga. Citra yang terdapat pada alam bawah sadar konsumen melaui ekspektasi dan informasi yang diharapkan melalui jasa atau produk. Citra sebagai perangkat menjadi perangkat ide, kesan, keyakinan yang di miliki seseorang terhadap suatu objek (keller, 2016, hal. 116). Dengan citra merek yang baik dan banyak di kenal masyarakat, konsumen akan percaya  dan yakin kepada produk yang di tawarkan, sehingga konsumen tidak ragu untuk tetap membeli produk menurut suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah citra merek, kualitas dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada masyarakat kelurahan Ngargosari di Boyolali. Banyaknya pesaing pasta gigi dengan merk yang cukup terkenal di Boyolali dapat mempengaruhi minat daya beli masyarakat.

Responden dari penelitian ini merupakan orang yang tidak sengaja bertemu dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik Non Probability Sampling metode Accidential Sampling dengan pendekatan judgement sempling yaitu bahwa 1). Citra merek berpengaruh positif, signifikan terhadap keputusan pembelian (minat daya beli). 2). Kualitas berpengaruh positif, signifikan terhadap keputusan pembelian 3). Harga positif, signifikan terhadap keputusan pembelian.

Hasil uji signifukan t Maka dapat di simpulkan bahwa 1,985 > 1,536 maka ada pengaruh signifikan atau Ho di terima dan Ha di tolak. Berdasarkan olah data output SPSS 26 di ketahui nilai sig sebanyak 0,000. Nilai sig. 0,000 kurang dari 0,05  maka dasar pengambilan keputusan uji F di simpulkan  Ho di tolak dan Ha di terima. Hasil koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini. Berdasarkan olah data output SPSS 26 model summary  di ketahui nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,356.

 

Published
2021-12-30
How to Cite
Nurhana, S., Rahayu, L., & Purwanto, H. (2021). PENGARUH CITRA MERK, KUALITAS, DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MASYARAKAT KELURAHAN NGARGOSARI DI BOYOLALI. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 173-183. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i2.592
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)