Pengembangan UMKM dengan Transformasi Digital dalam Rangka Pertahanan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19 di Dusun Bendo, Desa Seboto, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali

  • Rika Desi Ernawati Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Sigit Muryanto Fakultas Pertanian Universitas Boyolali
Keywords: Digital MSMEs, Products, Covid-19

Abstract

This article aims to develop Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) during the Covid-19 pandemic. As a result of the Covid-19 pandemic, Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) experienced a decline in sales, late distribution and difficult in raw materials. Business actors must create new products to increase sales in order to revive their business, not only that, the behavior of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) must shift their business from offline to digital business. Social media and maker places (intermediaries) can be a concept to facilitate the behavior of Medium Small and Medium Enterprises (MSMESs) to gain wider marketing access.

References

W. E. Al., “Sosialisasi Strategi UMKM Beradaptasi di Kala Pandemi Covid 19 bagi Masyarakat Kelurahan Kalicari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Ratna Wijayanti , SE , MM Dibiayai oleh Universitas Semarang sesuai dengan Perjanjian Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyar,” no. 145, 2021.

R. Monoarfa, “19860309 200801 2 003.”

R. Rosita, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia,” J. Lentera Bisnis, vol. 9, no. 2, p. 109, 2020, doi: 10.34127/jrlab.v9i2.380.

D. Chaerani, M. N. Talytha, T. Perdana, E. Rusyaman, and N. Gusriani, “Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan,” Dharmakarya, vol. 9, no. 4, p. 275, 2020, doi: 10.24198/dharmakarya.v9i4.30941.

N. Nur and L. L. Wijayanti, “Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk,” J. Umj, pp. 2–6, 2020.

B. Arianto, “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19,” ATRABIS J. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 233–247, 2020.

F. D. H. P. Mansir, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul,” Abdimas Singkeru, vol. 1, no. 1, pp. 39–50., 2021.

Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.

M. H. Purwidiantoro, D. F. Kristanto, and W. Hadi, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM),” AMIK Cipta Darma Surakarta, vol. 1, no. 1, pp. 30–39, 2016, [Online]. Available: http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11.

O. Fernández, S. Kang, J. T. M. Laily Noor Ikhsanto, and K. T. K. Aceh, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” vol. 2017, no. 1, pp. 1–9, 2020.

F. I. Farizki, R. Salamah, T. S. R. Mutiah, W. K. Wardhani, and P. Siddi, “Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 620, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.3374.

P3Kkn-Unib, “Panduan KKN Mandiri 91 Tahun 2020,” pp. 1–28, 2020.

C. Winarti, “Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan,” Univ. Tanjungpura, pp. 195–206, 2021.

A. U. Ulya, D. Agustin, and P. Ketiga, “PEGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI E-MARKETING PADA UMKM DESA SUMBER,” vol. 2, no. 2, pp. 2–5, 2019.

S. Hadi, A. F. Wijaya, and B. S. Utami, “Pemberdayaan Umkm Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Kendal Menuju Pasar Global,” J. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 51–66, 2016, doi: 10.21460/inf.2016.121.422.

Published
2021-07-31
How to Cite
Ernawati, R., & Muryanto, S. (2021). Pengembangan UMKM dengan Transformasi Digital dalam Rangka Pertahanan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19 di Dusun Bendo, Desa Seboto, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. SENYUM BOYOLALI, 2(1), 11-16. https://doi.org/10.36596/sb.v2i1.525
Section
Articles