Analisis Pengaturan Hukum Bagi Anak-Anak Kelompok Minoritas di Indonesia Dalam Upaya Mencegah Kekerasan dan Diskriminasi

  • Wencislaus Sirjon Nansi Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Makassar
Keywords: Keywords: Law, Children, Minority, Violence, Discrimination

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk mengkaji dan menganalisis pengaturan yuridis tentang perlindungan anak dari kelompok minoitas di Indonesia dalam upaya perlindungan dan pencegahan terhadap kekerasan dan diskriminasi. Penelitian dengan menggunakan pendekatan yuridis normative ini menemukan bahwa telah ada instrument hukum, baik  internasional maupun nasional yang mengatur tentang perlindungan hukum terhadap anak dari kelompok minoritas di Indonesia. Namun masih ada sedikit kelemahan dalam pengaturan regulasi khususnya dalam undang-undang No. 35 Tahun 2014 tantang perlindungan Anak yang belum konsisten menggunakan terminologi “anak kelompok minoritas” dalam beberapa pasalnya, yang tentunya  akan berdampak pada penerapan hukum oleh aparat penegak hukum khususnya Jaksa Penuntut umum dalam mengkostruksi dakwaannya. Oleh Karena itu, bagi penulis, perlu dikaji kembali beberapa pasal yang berkaitan dengan perlindungan terhadap anak kelompok minoritas sehingga dapat mencegah kekekrasan dan diskriminasi.

 

Kata Kunci: Hukum, Anak, Minoritas, Kekerasan, Diskriminasi

 

Abstract

 

This paper intends to examine and analyze the juridical arrangements regarding the protection of children from minority groups in Indonesia in an effort to protect and prevent violence and discrimination. This research using a normative juridical approach finds that there are legal instruments, both international and national, that regulate the legal protection of children from minority groups in Indonesia. However, there are still some weaknesses in regulatory arrangements, especially in Law no. 35 of 2014 concerning the protection of children who have not consistently used the term "minority group children" in several articles, which of course will have an impact on the application of the law by law enforcement officials, especially the public prosecutor in constructing their indictments. Therefore, for the author, it is necessary to review several articles relating to the protection of children from minority groups so as to prevent violence and discrimination.

 

Keywords: Law, Children, Minority, Violence, Discrimination

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-31