FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PEMBIAYAAN DI BMT TUMANG CABANG TUMANG

  • Atiqoh Retno Dewi Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • Unna Ria Safitri Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
  • A. Fidhdiarr Ariestanto Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali
Keywords: Pelayanan, Pembiayaan, Promosi, Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh faktor syariah, promosi dan pelayanan terhadap peningkatan pembiayaan di BMT TUMANG Cabang Tumang. Penelitian ini dilakukan di BMT TUMANG Cabang Tumang selama 3 bulan. Populasi penelitian ini adalah anggota yang mempunyai pembiayaan di BMT TUMANG Cabang Tumang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 132 responden mengunakan Accidential Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, untuk analisis data digunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokolrelasi dengan uji Durbin Watson, serta uji hipotesis untuk mengetahui apakah antara variabel mempunyai hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel syariah mempunyai nilai paling tinggi, secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan pembiayaan hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 4.044 > ttabel 1.978 dan nilai sig 0.000 < sig 0.05 yang berarti signifikan. Variabel promosi secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan pembiayaan hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 3.402 > ttabel 1.978 dan nilai sig 0.003 < 0.05 yang berarti signifikan. Sedangkan variabel pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap peningkatan pembiayaan hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 1.900 < ttabel 1.978 dan nilai sig 0.000 < 0.05 yang berarti tidak signifikan. Nilai Fhitung 14.128 > Ftabel 2.68 dengan menggunakan tingkat ɑ (alfa) 0.05 atau 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Penolakan Ho dibuktikan dengan hasil perhitungan bahwa nilai Sig.(0.000) < dari ɑ (alfa) = 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel independen secara simultan mempengaruhi variabel dependen.  Hasil Uji determinasi (R2) terhadap pengaruh antara faktor syariah, promosi dan pelayanan terhadap peningkatan pembiayaan sebesar 23.1% selebihnya 76.9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini. 

Published
2023-07-12
How to Cite
Dewi, A. R., Safitri, U. R., & Ariestanto, A. F. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PEMBIAYAAN DI BMT TUMANG CABANG TUMANG. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 62-72. https://doi.org/10.36596/ekobis.v11i1.594
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)