Author Guideline

FORMAT PENULISAN JURNAL BEDAH HUKUM FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BOYOLALI

 

 

  1. Naskah Hasil Penelitian, meliputi naskah hasil penelitian Skripsi (S1), Tesis (S2), Disertasi (S3), artikel ilmiah yang bukan penelitian, atau merupakan hasil out put dari penelitian yang didanai oleh instansi atau mandiri. Naskah Hasil Penelitian terdiri dari 15-20 halaman dengan margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, bawah 3 cm, ukuran huruf (font) 12, jenis huruf Times New Roman, dan spasi 1,5 (Abstrak bahasa Indonesia dan Abstract bahasa Inggris spasi 1). Untuk naskah ilmiah bukan penelitian terdiri dari 10-15 halaman dengan format yang sama.

 

  1. Abstrak

Terdiri dari Abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Abstract). Merupakan intisari penelitian yang memuat tujuan penelitian, permasalahan, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Disusun dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan spasi 1.

  1. Pendahuluan

Merupakan gambaran ringkas urgensi penelitian dan isu hukum yang dari hasil penelitian atau artikel ilmiah yang ditulis.

  1. Perumusan Masalah

Permasalahan atau isu hukum yang hendak dijawab dirumuskan dalam suatu kalimat tanya yang ringkas dan mudah dipahami.

  1. Metode Penelitian

Merupakan cara mencari jawaban permasalahan atau isu hukum yang dilakukan dalam penelitian. Dikenal dua aliran yaitu tipe penelitian empiris (nondoktrinal) dan tipe penelitian normatif (doktrinal). Penggunaan metode penelitian sesuai dengan isu hukum yang dimaksud kemudian dirumuskan dalam kalimat ringkas.

  1. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Merupakan penjelasan yang terdiri dari argumentasi sistematis guna mencari jawaban atas permasalahan atau isu hukum yang hendak dijawab melalui teori-teori dan hasil olah penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan menjawab perumusan masalah.

  1. Penutup

Menjawab permasalahan atau isu hukum yang diteliti dan sesuai dengan permasalahan atau isu hukum yang dikemukakan. Terdiri dari kesimpulan (jawaban permasalahan dari permasalahan yang diteliti) dan saran (alternatif solusi untuk mengatasai/menyelesaikan masalah yang diteliti).

 

Format Naskah hasil penelitian sebagai berikut:

Abstrak

Abstract

  1. PENDAHULUAN
  2. PERUMUSAN MASALAH
  3. METODE PENELITIAN
  4. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  5. PENUTUP

 

  1. Daftar Pustaka

Merupakan bahan-bahan hukum primer, sekunder, tertier dan bahan hukum yang dirujuk dan digunakan sebagai rujukan oleh peneliti serta diupayakan menggunakan literatur terbaru. Teknik pengutipan penulisan naskah menggunakan teknik footnote (Penulis, judul buku (italic), Cetakan ke- ... (kalau ada), Penerbit, Kota Terbit, Tahun Terbit, hlm. ... .). Pada Daftar Pustaka disusun secara alfabet mulai A-Z.

Format Daftar Pustaka:

  1. Buku, dan Kamus Hukum

Penulis. tahun terbit buku. Judul buku (cetak miring / Italic). Cetakan ke... (Bila ada). Edisi ke... (bila ada). Kota Terbit: Penerbit.

  1. Jurnal - Majalah

Penulis. “judul tulisan”. Nama Jurnal (cetak miring). Volume. Edisi. Tahun Terbit.

 

 

  1. Makalah Seminar

Pembicara. “Judul Makalah”. Tema. Penyelenggara Seminar. Waktu Pelaksanaan.

  1. Hasil Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi)

Penulis. Tahun Lulus. Judul Penelitian. Skripsi/Tesis/Disertasi. Program Pascasarjana tempat menempuh pendidikan. Fakultas. Kota tempat Institusi.

  1. Website

Nama penulis. “Judul web”. Laman web. Waktu akses.

  1. Peraturan Perundang-undangan

Ditulis dari hierarki yang paling tinggi ke yang paling rendah. Dimulai dari tahun terlama hingga terbaru dan masih berlaku. Misal:

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pmbentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

 

  1. Naskah Ilmiah Bukan Penelitian, meliputi makalah yang ditulis antara 10-15 halaman dengan format sebagai berikut:

 

Abstrak

Abstract

  1. Pendahuluan
  2. Sub-Sub Bahasan
  3. Penutup
  4. Daftar Pustaka

 

Catatan:

Naskah dicetak rangkap dua dan dikumpulkan pada Dewan Redaksi Jurnal Bedah Hukum Fakultas Hukum Universitas Boyolali, Jl. Pandanaran No. 405 Boyolali 57135, Telp. (0276) 331088, e-mail: jurnalbedahhukum@yahoo.com.