PENGARUH STORE ATMOSPHERE, VARIAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HEAR COFFEE BATAM
Abstract
Perkembangan dalam dunia bisnis tidak lepas dari aspek pemasaran dalam proses pelaksanaanya dan memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk evaluasi bisnis terutama pada jenis usaha FnB (Food and Beverage) salah satunya coffee shop. Maraknya jenis usaha cafe yang ada di Batam mengakibatkan persaingan yang ketat antara sesama pelaku bisnis, maka dari itu dibutuhkan stategi dan analisis untuk perkembangan usaha coffee shop dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pada variabel Store Atmosphere, Varian Produk dan Word Of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian pada Hear Coffee Batam. Sampel pada penelitian berjumlah 112 responden dari pengunjung Hear Coffee Batam dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Slovin Sampling. Dalam olah data program SPSS versi 25 yang telah di uji oleh peneliti, menunjukan bahwa variabel Store Atmosphere (X1) dengan nilai Thitung 4.903, mengindikasikan bahwa Store Atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan pada variabel Varian Produk (X2) menunjukan nilai Thitung sebesar 2.993, mengindikasikan bahwa Varian Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya pada variabel Word Of Mouth (WOM) (X3) menunjukan nilai Thitung 2.940, yang berarti bahwa Word Of Mouth (WOM) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada hasil Uji F menghasilkan nilai Fhitung sebesar 33.998, maka dari itu peneliti menarik kesimpulan bahwa variabel Store Atmosphere (X1), Varian Produk (X2) dan Word Of Mouth (WOM) (X3) menunjukan pengaruh secara positif atau parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian yang terjadi pada Hear Coffee Batam.
Kata Kunci : Store Atmosphere; Varian Produk ; Word Of Mouth (WOM) ; Keputusan Pembelian
Copyright (c) 2023 EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.