IMPLEMENTASI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN SISWA BARU DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN MIFTAHUL HUDA TUMANG BOYOLALI

  • Kunasiroh Kunasiroh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika Universitas Boyolali
  • Wahyuning Chumaeson Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika Universitas Boyolali
  • Sri Hartini
Keywords: marketing, communication mix, media

Abstract

Dalam memperkenalkan MI Unggulan Miftahul Huda Tumang tidak terlepas dari aktivitas pemasaran yang telah dilakukan. Pada konsep komunikasi pemasaran dikenal istilah bauran komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mencari bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh MI Unggulan Miftahul Huda Tumang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara serta dokumen yang berkaitan dengan pengumpulan data. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu informannya adalah orang-orang yang dianggap memiliki informasi terkait dengan kajian penelitian.

Teori dalam penelitian ini merupakan teori baurankomunikasi pemasaran oleh Burhan Bungin yang menggunakan kosep 4p (produk, price, place, dan promotion). Hasil dari penelitian ini adalah bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh MI Unggulan Miftahul Huda Tumang meliputi: produk yaitu berupa program-program pendidikan yang ada pada madrasah ini, harga berupa biaya untuk menempuh pendidikan di MI ini, tempat yang berupa kondisi lingkungan sekolah yang nyaman bagi siswa, serta promosi yang telah dilakukan guna meningkatkan perolehan siswa baru. Kesemuanya itu diinformasikan melalui media komunikasi online berupa instagram ,facebook, dan youtube serta media komunikasi offline yaitu brosur, pamflet dan baliho. Melalui bauran komunikasi pemasaran tersebut, MI mampu meningkatkan perolehan siswa baru secara konsisten setiap tahunnya.

Kata kunci: pemasaran, bauran komunikasi, media

Published
2023-01-31
Section
Articles