KOMUNIKASI KESEHATAN UNTUK IBU HAMIL MELALUI MODEL SRIKANDI ( SKRINING RESIKO KEHAMILAN DIRI SENDIRI ) SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI TANDA BAHAYA KEHAMILAN

  • RACHMAWATI IKA SUKARSIH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
Keywords: Ibu hamil, komunikasi, deteksi, kehamilan,

Abstract

Faktor-faktor penyebab kematian ibu adalah masalah sosial, budaya, pendidikan yang kurang, pengetahuan ibu, umur dan paritas. Namun penyebab paling banyak kematian ibu melahirkan adalah preeklamsia (tekanan darah tinggi saat melahirkan) dan pendarahan akibat kurang cepat dalam penanganan.

Penyebab kematian ibu tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemeriksaan kehamilan ANC yang memadai dan deteksi dini risiko ibu .Dengan ANC, beberapa informasi mengenai kehamilan yang belum diketahui ibu dapat tersampaikan dan dengan deteksi dini dan tindakan segera semua faktor risiko yang dapat menyebabkan komplikasi dapat di cegah . Apabila terdapat salah satu faktor resiko tanda bahaya dalam kehamilan dapat dilakukan tindakan pencegahan sedini mungkin, sehingga risiko kematian dapat dikurangi dengan penanganan yang cepat dan tepat.

Deteksi dini mengenai faktor risiko komplikasi merupakan  suatu kegiatan untuk menemukan ibu hamil dengan faktor risiko dan komplikasi. Kehamilan merupakan sesuatu yang normal dialami seorang wanita dalam proses reproduksinya, tetapi adakalanya terjadi suatu komplikasi. Untuk itu semua upaya dankegiatan yang terkait dengan kegiatan upaya peningkatam status kesehatan ibu hamil yag ada di masyarakat khususnya ibu hamil dapat berperan secara aktif sehingga penanganan yang adekuat sedini mungkin dapat dilakukan. Hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dalam menurunkan Angka Kematian Ibu.

Published
2020-05-05