KOMUNIKASI BISNIS DALAM PENGELOLAAN USAHA MIKRO DAN KECIL DI INDONESIA

  • MUHAMMAD CHOTIBUL UMAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET
  • TOPAN SETIAWAN KULTURA DIGITAL MEDIA
  • TOPAN SETIAWAN KULTURA DIGITAL MEDIA
Keywords: Komunikasi, Bisnis, UMKM, Indonesia

Abstract

Dari riset itu didapatkan gambaran bahwa bisnisĀ  mikro mempekerjakan sedikitnya jumlah karyawan; pekerjaan di perusahaan kecil di beberapa negara dapat dibandingkan dengan pekerjaan di perusahaan menengah. Negara-negara Grup Visegrad menerapkan pendekatan sentris kawasan terhadap manajemen sumber daya manusia. Keuntungannya adalah mengetahui kondisi regional dan mempekerjakan karyawan yang sepenuhnya menyadari fakta-fakta regional dan memenuhi syarat. Pengecualian adalah bisnis mikro dengan pendekatan etnosentris yang berlaku.

Pembenahan sumber daya manusia sebagai faktor produksi masih perlu di lakukan lebih kuat lagi. Dari hasil riset di Portugal dan Hungaria, persolaan ketenagakerjaan dalam sektor usaka kecil terdapat fakta betapa negara maju semacam mereka tetap memerlukan pengelolaan tenaga kerja yang lebih baik. Indonesia masih sangat memerlukan pengelolaan tenaga kerja yang lebih baik lagi mengingat bonus demografi akan melanda Indonesia, dan temuan mutakhr indef yang memang memerlukan perhatian khusus.

Published
2020-05-05