PENGARUH KONSENTRASI PUPUK MIKRO MAJEMUK PADA FERMENTASI URIN SAPI SEBAGAI NUTRISI HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SAWI PAKCOY (BRASSICA RAPA L)

  • Asnan adib Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Boyolali
  • Sigit Muryanto Fakultas Pertanian Universitas Boyolali
  • Dwi Suci Lestariana Fakultas Pertanian Universitas Boyolali
Keywords: Hidroponik, MOL Air Kelapa, Pupuk Mikro Majemuk, Sawi Pakcoy, Urin Sapi

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendapatkan Konsentrasi Pupuk Mikro Majemuk yang paling optimal untuk pengkayaan pada urin sapi yang difermentasi dengan MOL air kelapa sebagai nutrisi hidroponik. Percobaan pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu perlakuan yaitu Konsentrasi Pupuk Mikro Majemuk (K), dengan rincian KI (konsentrasi 1.25 gr/liter urin), K2 (konsentrasi 2,5 gr/liter urin), K3 (konsentrasi 3,75 gr/liter urin), K4 (konsentrasi 5 gr/liter urin), K5 (kontrol menggunakan nutrisi AB Mix). Larutan nutrisi perlakuan yaitu K1,K2,K3, dan K4 diatur dengan TDS 500 ppm dan pH 6,5-7 sedangkan K5 (kontrol menggunakan larutan nutrisi AB Mix) diatur TDS 800 dan pH 6,5-7. Analisis data menggunakan uji F taraf 5%, kemudian uji DMRT taraf 5% jika terdapat beda nyata.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dari semua parameter pengamatan, secara umum K5 (Kontrol AB Mix) lebih bagus daripada perlakuan yang lain. Parameter tinggi tanaman dan panjang akar menunjukkan berbeda nyata sedangkan pada parameter jumlah daun dan berat segar tanaman menunjukkan berbeda sangat nyata. yaitu K5 (Kontrol AB Mix) jauh lebih tinggi daripada perlakuan yang lain. 2) Parameter tinggi tanaman tertinggi pada K5 (Kontrol AB Mix) yaitu 25,70cm sedangkan terendah pada K3 yaitu 23,52 cm ; 3) Parameter jumlah daun tertinggi pada K5 (Kontrol AB Mix) yaitu 21,96 helai dan nilai jumlah daun terendah pada K3 yaitu 18,54 helai; 4) Parameter berat segar tanaman tertinggi K5 (Kontrol AB Mix) yaitu 142,68 gram dan nilai berat segar terendah pada K3 yaitu 77 gram; 5) Parameter panjang akar tertinggi pada K5 (Kontrol AB Mix) yaitu 39,87cm danĀ  nilai terendah pada K3 yaitu 29,65cm; 6) Pengaruh perlakuan konsentrasi pupuk mikro majemuk pada fermentasi urin sapi dan MOL air kelapa belum mampu mengimbangi / menyamai nutrisi AB mix terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pakcoy. Namun demikian, Selain K5 (Kontrol AB Mix) dari perlakuan kosentrasi K1, K2, K3, dan K4 pada semua parameter, secara umum K4 (Konsentrasi 5gr/liter urin) lebih bagus daripada perlakuan konsentrasi lainnya.

Published
2020-11-30
Section
Articles