Analisa Pertumbuhan Bibit Pepaya (Carica Papaya L) Dengan Perlakuan Perendaman Zat Pengatur Tumbuh Bawang Merah dan Sintetis

  • Wening Pujiastuti
  • Sigit Muryanto Lecturer at Faculty of Agriculture, Boyolali University
  • Dwi Suci Lestariana
Keywords: Zat Pengatur Tumbuh, Sintetis, Bawang Merah, Perendaman, Benih

Abstract

Kegiatan percobaan dilaksanakan mulai tanggal 15 Maret 2019 s/d 15 April 2019. Bertempat di Green House penulis Dk. Rejosari Rt.03 Rw.12 Ds. Karanggeneng Kec. Boyolali Kab. Boyolali. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perendaman zat pengatur tumbuh bawang merah dan sintetis terhadap pertumbuhan bibit pepaya (Carica papaya L). Metode analisa data yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang kemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNt) pada hasil berbeda nyata Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun dan prosentase tanaman tumbuh.

Hasil percobaan menunjukkan adanya beda nyata pada pengamatan umur 31 HSS terhadap tinggi tanaman dan panjang daun. Perlakuan giberelin dan auksin menunjukkan berbeda nyata dibandingkan perlakuan pada bawang merah dan kontrol. Pada parameter jumlah daun terlihat beda nyata mulai umur 15 HSS, beda nyata terlihat pada perlakuan pemberian hormon auksin dan giberelin. Pada perlakuan bawang merah dan kontrol tidak menunjukkan berbeda nyata, namun dari hasil pengukuran pada perlakuan bawang merah lebih bagus dibandingkan perlakuan kontrol.

Published
2020-07-09
Section
Articles